PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN CITIZENSHIP IN SCIENCE BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN (GLB) DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

Putri, Fhadira Insani (2025) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN CITIZENSHIP IN SCIENCE BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN (GLB) DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB). S2 thesis, Pendidikan IPA.

[img] Text
TESIS FHADIRA INSANI PUTRI - P2A523020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan atau Bab VI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan perangkat pembelajaran yang mampu membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis sekaligus menumbuhkan kesadaran sebagai warga negara ilmiah (Citizenship in Science), khususnya dalam pembelajaran IPA pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Permasalahan umum yang sering terjadi adalah rendahnya keterlibatan siswa dalam mengaitkan konsep gerak dengan fenomena sosial dan lingkungan sekitar serta kurangnya kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan perangkat pembelajaran yang dirancang secara sistematis untuk mendorong siswa berpikir kritis dan bertindak sebagai warga yang bertanggung jawab terhadap isu-isu sains di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran Citizenship in Science berbasis kemampuan berpikir kritis, mengetahui kelayakan isi dan media perangkat yang dikembangkan melalui validasi ahli, serta mengetahui persepsi guru terhadap perangkat secara prosedural. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Proses pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan guru, dilanjutkan dengan perancangan perangkat pembelajaran seperti modul ajar, LKPD, slide PowerPoint dan soal HOTS. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa perangkat ini sangat layak digunakan dengan penilaian kategori “Sangat Baik”. Uji coba terbatas yang melibatkan guru di SMP menunjukkan respon positif terhadap kebermaknaan pembelajaran serta mampu mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Citizenship in Science berbasis kemampuan berpikir kritis layak digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, khususnya pada materi gerak lurus.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fhadira Insani Putri
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:57
Last Modified: 02 Jul 2025 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80995

Actions (login required)

View Item View Item