PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REDOKS

RUMAPEA, ROSTALINDA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REDOKS. JURNAL PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REDOKS.

[img] Text
KOVER 1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR ISI new.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB V oke.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Rumapea, Rostalinda. 2019. Pembelajaran Model Creative Problem Solving (CPS) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Redoks , Skripsi, Jambi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc., Pembimbing (II) Dra. Fatria Dewi, M.Pd Kata Kunci:Pembelajaran Model Creative Problem Solving (CPS) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Redoks Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dikarenakan siswa yang cenderung pasif dan dalam menjawab pertanyaan siswa masih memberi jawaban sederhana saja tanpa ada penguatan yang diperoleh dari informasi lain serta kurang tanggap dalam menanggapi masalah. Oleh sebab itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya adalah model Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model Creative Problem Solving (CPS) dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi redoks di kelas X MIPA SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti . Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan Purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu X MIPA 1. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Creative Problem Solving (CPS) baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay siswa. Korelasi keterlaksanaan model Creative Problem Solving (CPS) dengan kemampuan berpikir kritis siswa dicari dengan korelasi product moment. Keterlaksanaan model Creative Problem Solving (CPS) oleh guru dan siswa telah terlaksana sesuai prinsip model Creative Problem Solving (CPS) setiap pertemuannya. Korelasi keterlaksanaan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dikategorikan sedang dengan rata-rata 0,51. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi redoks.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: ROSTALINDA RUMAPEA
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:03
Last Modified: 24 Jun 2019 04:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8109

Actions (login required)

View Item View Item