ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ASAM BASA DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI IPA SMAN 11 KOTA JAMBI

ROBI, ROBI ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ASAM BASA DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI IPA SMAN 11 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ASAM BASA DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI IPA SMAN 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (294kB)
[img] Text
11. bab 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
15. bab 5.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Robi. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Asam basa dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas XI IPA SMAN 11 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Dr. Drs. Haryanto, M.Kes, Pembimbing II: Afrida, S.Si., M.Si Kata kunci: Model pembelajaran Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis, Asam basa. . Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi antar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. Model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat diterapkan pada materi Asam basa untuk membangkitkan minat siswa, terlibat dalam penyelidikan, menjelaskan konsep yang didapat, mengembangkan konsep dan saling mengevaluasi kemajuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi asam basa dan korelasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPA SMAN 11 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E oleh guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson. Keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E oleh siswa sebesar 70,74% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 70,00% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,559 dengan tingkat hubungan sedang, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Asam basa di kelas XI IPA SMAN 11 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: ROBI
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:03
Last Modified: 24 Jun 2019 04:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8110

Actions (login required)

View Item View Item