NUR MATASARI, LALA (2025) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HILANGNYA UANG ELEKTRONIK BERBASIS SERVER DI KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI. S1 thesis, Hukum Bisnis.
|
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
Judul skripsi.pdf Download (151kB) |
|
|
Text
lembar persetujuan,pengesahan.pdf Download (315kB) |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (156kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk memahami dan menganalisis bentuk perlindungan konsumen terhadap hilangnya uang elektronik berbasis server serta untuk mempelajari dan menganalisis perlindungan hukum data pribadi nasabah pengguna yang mengalami kerugian atas hilangnya sejumlah saldo pada aplikasi dana. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Yuridis Empiris dengan menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya perlindungan hukum yang memadai bagi pengguna E-wallet dalam mengahadapi masalah kehilangan saldo yang terjadi dalam sistem pembayaran digital. Dimana pengguna E-wallet sering mengalami masalah saldo mereka berkurang tanpa alasan yang jelas, yang mana pengaduan kendala yang dialami konsumen tidak diselesaikan dengan baik secara materiil maupun imateril. Hal ini dapat terjadi karena kesalahan sistem, kebocoran data pribadi, penipuan atau akses tidak sah dari pihak ketiga Permasalahan ini muncul disebabkan juga dengan kurangnya perlindungan hukum yang tegas. perlindungan hukum yang diberikan kepada pengguna E-wallet di Indonesia masih dianggap lemah dan tidak memadai. Ketidak jelasan tentang hak dan kewajiban penyedia layanan serta perlindungan konsumen dalam transaksi digital, termasuk penyalahgunaan atau kehilangan saldo. perlunya perbaikan dalam penguatan sistem keamanan, transparansi komunikasi, dan efisiensi dalam proses pengembalian saldo untuk meningkatkan perlindungan bagi pengguna E-wallet dalam menghadapi risiko kehilangan saldo.Hal ini menyebabkan kerugian pada konsumen yang telah menghabiskan waktu dan uang mereka, tetapi konsumen tidak pernah melakukan tuntutan atas haknya kepada Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran atau disebut sebagai pelaku usaha. Kata Kunci : Konsumen, E-Wallet, DANA
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | K Law > K Law (General) |
| Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Matasari |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:39 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 04:39 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
