PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI

IZCHARUDI, IZCHARUDI PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (153kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpeg

Download (115kB) | Preview
[img] Text
6. Daftar Isi.docx

Download (34kB)
[img] Text
7. BAB 1 New Rudi.docx

Download (39kB)
[img] Text
11. BAB 5 New Rudi.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Izcharudi. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi, dan (II) Robi Hendra, S.Pd., M.Pd Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, kinerja guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa angka-angka dan pengolahannya menggunakan metode statistik yang digunakan lalu diinterprestasikan. Tujuan dipilihnya pendekatan kuantitiatif yaitu menggambarkan suatu gejala secara kuantitatif dengan sajian skor rerata, penyimpangan, grafik, dan lain-lain, serta membuat prediksi dan estimasi berdasarkan hasil analisis dan model yang telah ditetapkan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 100 guru. Instrument pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likers yang memiliki 4 alternatif jawaban yang terdari atas 91 item pernyataan. Dengan masing-masing variabel kepemimpinan kepala sekolah sebanyak 31 item pernyataan, motivasi kerja guru sebanyak 30 item pernyataan dan kinerja guru sebanyak 30 item pernyataan. Dari 100 guru sebanyak 30 guru digunakan untuk uji coba instrument penelitian dan selebihnya digunakan dalam penelitian. Uji validitas instumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 19. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Uji pesyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, linearitas, dan heterokedastitas. Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel bebas dengan variabel terikat. Apa bila dilihat dari analisis maka pengaruh tersebut sebagai hasil dari bekerjanya fungsi kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja guru (X2). Temuan yang diperoleh berdasarkan rangkaian analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,763. Sedangkan pengaruh simultan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja guru (X2) secara bersama-sama terhadap variabel kinerja guru (Y) dilihat dari nilai R Square) sebesar = 0,583. Pengaruh variabel lain di luar model terhadap variabel kinerja guru adalah E2 = 1- R23.12 = 1- 0,583 = 0,417. Berdasarkan perhitungan koefisien jalur diatas, variabel kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap variabel kinerja guru sebesar 58,3% sedangkan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh variabel yang lain, sedangkan sisanya berkemungkinan diperoleh dari variabel-variabel lain yang ikut mempengaruhi kinerja guru (Y). Dari hasil penelitian ini disarankan meningkatkan mutu tenaga pendidik, maka diperlukan pengkajian intensif terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru, disarankan bagi peneliti yang berminat untuk mengadakan peneltian yang berhubungan dengan kinerja guru untuk mengkaji pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi dalam mengajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IZCHARUDI
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:47
Last Modified: 26 Jun 2019 02:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item