PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP EMPATI ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI IX OLAK KEMANG KOTA JAMBI

MUHARROMI, UMI PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP EMPATI ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI IX OLAK KEMANG KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP EMPATI ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI IX OLAK KEMANG KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.docx

Download (26kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx

Download (94kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK Muharromi, Umi. 2019. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Empti Anak Usia Dini di TK Pertiwi IX Olak Kemang Kota Jambi: Skripsi, PG PAUD FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan (II) Dr. H. K. A. Rahman, S.Ag. M.Pd. I. Kata Kunci, bermain peran, empati Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Empati Anak Usia Dini di TK Pertiwi IX Olak Kemang Kota Jambi. Metode bermain peran yang di pakai yaitu bermain peran makro. Empati yang di maksud dalam penelitian ini mencakup peduli, penuh pengertian, tenggang rasa dan kasih sayang. Bermain peran adalah bentuk permainan yang memerankan tokoh ataupun benda sekitarnya yang menggunakan daya khayal atau imajinasi serta penghayatan. Empati adalah kemampuan seseorang dalam memahami/mengalami perasaan yang sama yang dirasakan seseorang ketika sedang dalam kesulitan. Dengan bermain peran anak menempatkan diri pada posisi orang yang diperankannya, memerankan ketika berada dalam keadaan orang tersebut sehingga otomatis ia akan belajar tentang empati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre-Experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Penelitian dilaksanakan di TK Pertiwi IX Olak Kemang Kota Jambi. Populasi penelitian adalah anak TK yang berjumlah 36 anak, sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas B2 dengan jumlah 15 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal dan tes akhir dengan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan pengumpulan data yaitu didapatkan rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan 41,7 dan rata-rata nilai setelah diberikan perlakuan 63,1. Uji Wilcoxon Match Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Zt abel dengan tingkat signifikan 5% adalah 1,96, sedangkan nilai Zhit ung diperoleh 3,407. Selanjutnya besar pengaruhnya yang didapat menggunakan rumus Cohen’s sebesar 1,21 yang berarti Strong Effect (kuat) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap empati anak usia dini TK Pertiwi IX Olak Kemang Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan nilai bahwa Zhitung (3,407) ˃ Zt abel (1,96) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: UMI MUHARROMI
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:02
Last Modified: 27 Jun 2019 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8120

Actions (login required)

View Item View Item