TIPE KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI JALUR FORMAL DI DESA TIRTA KENCANA KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO

Ningrum, Deby Nanda Kartika TIPE KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI JALUR FORMAL DI DESA TIRTA KENCANA KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO. JURNAL TIPE KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI JALUR FORMAL DI DESA TIRTA KENCANA KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (131kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (807kB)

Abstract

ABSTRAK Ningrum, Deby Nanda Kartika. 2019. Tipe Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Formal di Desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. K. A. Rahman, S.Ag., M.Pd.I (II) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., Kata kunci: Tipe keterlibatan orangtua, pendidikan anak usia dini jalur formal Hasil pengamatan awal peneliti di pendidikan anak usia dini jalur formal di Desa Tirta Kencana yaitu di TK Negerti Tirta Kencana, RA Alhusna, dan RA Al-Hidayah baru terdapat dua program keterlibatan orangtua yaitu program rapat wali murid dan parenting. Masing-masing PAUD jalur formal mempunyai program rapat wali murid, sementara program parenting baru dilaksanakan di RA Alhusna. Hal itu berarti keterlibatan orangtua hanya sebagai penyedia layanan yang kurang berdampak bagi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini jalur formal tipe tugas keorangtuaan, tipe komunikasi, tipe sukarelawan, tipe belajar di rumah, tipe pengambilan keputusan dan tipe kolaborasi dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh orangtua pengguna layanan PAUD jalur Formal di Desa Tirta Kencana yang berjumlah 124 orang. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada orangtua. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini jalur formal tipe tugas keorangtuaan memiliki kualitas tinggi dengan persentase 67,02%. Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini jalur formal tipe komunikasi memiliki kualitas tinggi dengan persentase 70,47%. Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini jalur formal tipe sukarelawan memiliki kualitas sedang dengan persentase 55,25%. Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini jalur formal tipe belajar di rumah memiliki kualitas tinggi dengan persentase 67,53%. Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini jalur formal tipe pengambilan keputusan memiliki kualitas sedang dengan persentase 59,41%. Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini jalur formal tipe kolaborasi dengan masyarakat memiliki kualitas tinggi dengan persentase 78,75%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar orangtua meningkatkan keterlibatannya dalam pendidikan anak usia dini jalur formal pada masing-masing tipe yang ada.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEBY NANDA KARTIKA NINGRUM
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:01
Last Modified: 27 Jun 2019 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

View Item View Item