Pengembangan Four-tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Kinematika Gerak Lurus

Zahra, Fatimah (2019) Pengembangan Four-tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Kinematika Gerak Lurus. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen four-tier diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi kinematika gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Subjek uji coba terbagi dua, yaitu subjek uji coba skala kecil berjumlah 146 siswa untuk proses pengembangan instrumen, dan subjek uji coba skala besar berjumlah 488 siswa untuk uji kelayakan instrumen. Data penelitian terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berdasarkan evaluasi dan lembar validasi oleh ahli materi. Data kuantitatif dari hasil uji kelayakan instrumen yaitu, uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu instrumen four-tier diagnostic test pada materi kinematika gerak lurus terdiri dari 9 butir soal. Hasil validitas isi sebesar 80,25%, hasil scatter plot dan uji korelasi antar tier sangat lemah dan tidak signifikan. Berdasarkan scree plot terbentuk 2 komponen faktor analisis sebagai hasil dari validitas konstruk pada tiap butir soal yaitu, 1 butir soal dengan validitas tinggi, 7 butir soal dengan validitas sedang, dan 1 butir soal dengan validitas rendah. Reliabilitas instrumen bernilai 0,406 dengan kategori cukup. Tingkat kesukaran instrumen yaitu, 7 butir soal dalam kategori sukar, dan 2 butir soal dalam kategori sedang. Hasil daya pembeda yaitu, 4 butir soal dalam kategori baik, 4 butir soal dalam kategori cukup, dan 1 butir soal dalam kategori rendah. Implikasi dari produk four-tier diagnostic test yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi kinematika gerak lurus.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FATIMAH ZAHRA
Date Deposited: 03 Jul 2019 01:24
Last Modified: 03 Jul 2019 01:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item View Item