Sinaga, Daniel Feronrido (2025) OJEK ONLINE DI KOTA JAMBI DARI TAHUN 2017-2021. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
bab I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
lembar persetujuan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
skripsi daniel ojek online kota jambi final sekali.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas Ojek Online di Kota Jambi, Perkembangan teknologi yang semakin maju, khususnya dalam layanan transportasi online, memberikan manfaat besar bagi masyarakat karena akses yang lebih mudah serta sistem yang lebih transparan dan terfokus. Saat ini, banyak warga Kota Jambi beralih ke transportasi online karena kenyamanannya, kecepatan layanan, dan biaya yang lebih terjangkau, Saat ini, layanan transportasi online yang populer di Kota Jambi adalah Go-Jek, Grab, Maxim. Transportasi online menggunakan teknologi berbasis aplikasi yang dapat diunduh pada ponsel pintar. Adapun permasalahan yang akan menjadi perhatian dalam penelitian ini ialah bagaimana proses awal masuknya ojek online di Kota Jambi, bagaimana dinamika dan hadirnya ojek online Di Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses masuknya ojek online di Kota Jambi dan dinamika perkembangan ojek online serta dampak dari hadirnya ojek online di Kota Jambi. Dalam penelitian menggunakan metode sejarah ialah pemilihan topik, heuristik (pencarian sumber), verifikasi atau kritik, interpretasi dan histriografi (Penulisan), mengenai sumber yang digunakan ialah wawancara, studi pustaka dan website berita online. Hasil penelitian ini adalah ojek online di Kota Jambi dipicu oleh kemajuan teknologi informasi dan meningkatnya akses masyarakat terhadap internet, dan juga berdampak signifikan terhadap moda transportasi konvensional seperti angkutan Kota, yang jumlah kendaraannya menurun drastis sejak 2017. Persaingan antar-aplikator seperti Go-Jek, Grab, dan Maxim turut membentuk pola kerja para pengemudi. Masuknya pesaing baru ojek online dengan strategi tarif rendah menciptakan dinamika baru dalam pasar ojek online Kota Jambi, memicu kekhawatiran soal ketidakseimbangan tarif serta potensi berkurangnya penghasilan pengemudi. Meski demikian, tidak ditemukan konflik antar perusahaan, karena persaingan lebih banyak terjadi di tingkat driver. Temuan ini menunjukkan bahwa transformasi transportasi daring di Kota Jambi berkaitan erat dengan perubahan sosial, ekonomi, dan pola mobilitas masyarakat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ojek, ojek online, transportasi, Teknologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah |
Depositing User: | Sinaga |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:34 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |