Ariyani, Yunita (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI GEMINI AI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Era digital mendorong perkembangan pesat teknologi dalam dunia pendidikan. Contoh dari perkembangan teknologi di dunia pendidikan yakni kehadiran platform daring, AI, dan media interaktif. Perkembangan ini menuntut peningkatan kemampuan literasi digital siswa untuk dapat mengakses, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi secara efektif serta berkomunikasi secara bertanggung jawab. Namun begitu, di saat yang sama, terdapat tantangan yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran di era digital. Salah satu tantangan yang dihadapi yakni ketika pembelajaran topik kompleks seperti bioteknologi modern seringkali sulit dipahami oleh siswa dan kurang terhubung dengan upaya pengembangan literasi digital siswa. Sebagai solusi, penelitian ini mengusulkan pengembangan e-modul terintegrasi Gemini AI pada materi bioteknologi modern. Integrasi Gemini AI akan memungkinkan personalisasi pembelajaran, umpan balik adaptif, dan penjelasan interaktif, yang secara langsung melatih kemampuan literasi digital siswa dalam mencari, memahami, dan memvalidasi informasi ilmiah. E-modul akan dikembangkan menggunakan model ASSURE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi. Uji coba dilakukan kepada 8 peserta didik (kelompok kecil) dan 28 peserta didik (kelompok besar). Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket yang berisi beberapa item pertanyaan dan disebarkan melalui google form. Hasil validasi dari ahli materi sebesar 92% dan validasi ahli media sebesar 86% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 96% dan kelompok besar yaitu 95% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil respons guru biologi memperoleh persentase sebesar 90 % dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul terintegrasi Gemini AI pada materi bioteknologi modern yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat melatih kemampuan literasi digital siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bioteknologi Modern, E-Modul, Gemini AI, Literasi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | YUNITA ARIYANI |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:41 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 04:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |