PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR

Kurnia, Nurul Izzah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (49kB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL IZZAH KURNIA -A1D121083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Halaman pengesahan izzah-1.pdf

Download (280kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRACT Kurnia, Nurul Izzah 2025. Pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Risdalina, S. Pd., M.Pd. Kata kunci: Media Interaktif, Augmented Reality, Assemblr Edu Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil analisis prosedur pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. (2) Mendeskripsikan hasil validasi desain pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. (3) Mendeskripsikan Pengembangan produk pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. (4) Mengetahui hasil penyebaran pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu pada Mata Pelajaran IPAS Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data penelitian didapat dari validator, guru dan peserta didik. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran perbaikan dari validator sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validasi ahli desain, media, materi, bahasa serta angket praktisi dan angket respon peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 111/I Muara Bulian dan menghasilkan media interaktif Augmented Reality berbasis Assemblr Edu untuk mata pelajaran IPAS materi siklus air. Hasil validasi desain tahap I memperoleh skor rata-rata 92% dengan kriteria sangat valid, sedangkan pada tahap II meningkat menjadi 96,2% dengan kriteria sangat valid. Validasi media tahap I memperoleh skor rata-rata 93,75% dan tahap II meningkat menjadi 95,83%, keduanya dengan kriteria sangat valid. Validasi materi tahap I memperoleh skor rata-rata 60% dengan kriteria kurang valid, namun meningkat pada tahap II menjadi 90% dengan kriteria sangat valid. Validasi bahasa tahap I memperoleh skor rata-rata 71,43% dengan kriteria cukup valid, dan pada tahap II meningkat menjadi 85,71% dengan kriteria sangat valid. Pada tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor 88,33%. Kepraktisan media berdasarkan angket guru menunjukkan skor rata-rata 97,92% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba kelompok besar sebesar 95,34%, keduanya termasuk dalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media interaktif Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran IPAS materi siklus air kelas V Sekolah Dasar ini sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Augmented Reality, Assemblr Edu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Kurnia
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:25
Last Modified: 07 Jul 2025 08:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81666

Actions (login required)

View Item View Item