Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya raya melalui media video animasi di kelas 5 SDN 36/1 Kilangan

Nurrahmah, Silva (2025) Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya raya melalui media video animasi di kelas 5 SDN 36/1 Kilangan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak fix.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V FIX .pdf

Download (213kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Pengesahan .pdf

Download (310kB)
[img] Text
Silva Nurrahmah_A1D121145_Skripsii done .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nurrahmah, Silva. 2025. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Melalui Media Video Animasi di Kelas 5 SDN 36/1 Kilangan: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Media Video Animasi, Pembelajaran IPAS Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 36/1 Kilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media video animasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada pembelajaran IPAS dan untuk mendeskripsikan peningkatan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui media video animasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi melalui lembar observasi konsentrasi belajar siswa dan juga lembar observasi aktivitas guru yang menggunakan media pembelajaran video animasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 36/1 Kilangan. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan konsentrasi belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I pertemuan 1 tingkat keberhasilan 55,71% dan siklus I pertemuan 2 sebesar 64,29% yang mencerminkan tingkat keberhasilan hanya sebesar 60% dan hal ini termasuk kategori kurang. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 tingkat keberhasilan sebesar 74,64% dan siklus II pertemuan 2 sebesar 80,71% yang mencerminkan tingkat keberhasilan sebesar 77.67% hal ini termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan konsentrasi belajar siswa pada materi Indonesiaku kaya raya di kelas V SD Negeri 36/1 Kilangan dapat meningkat setelah diterapkan media pembelajaran video animasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Belajar, Media Video Animasi, Pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SILVA NURRAHMAH
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:57
Last Modified: 07 Jul 2025 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81673

Actions (login required)

View Item View Item