Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi Dalam UNJA Podcast dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Teks Diskusi di SMP

Suwara, Irah (2025) Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi Dalam UNJA Podcast dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Teks Diskusi di SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK #SKRIPSI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 1 #SKRIPSI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 5 #SKRIPSI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
COVER #SKRIPSI IRAH.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA #SKRIPSI.pdf

Download (422kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP IRAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PENGESAHAN #SKRIPSI.pdf

Download (317kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam UNJA Podcast serta implikasinya terhadap pembelajaran teks diskusi kelas IX SMP. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Data berupa tuturan dalam beberapa episode UNJA Podcast yang bertema pendidikan dan kehidupan kampus. Hasil analisis menunjukkan terdapat 48 data tuturan, terdiri atas 17 lokusi, 26 ilokusi, dan 5 perlokusi. Tindak tutur ilokusi paling dominan karena sering digunakan untuk menyatakan pendapat dan saran dalam diskusi. Lokusi muncul sebagai pernyataan informatif, sedangkan perlokusi berfungsi memengaruhi tanggapan lawan tutur. Temuan ini menunjukkan bahwa siniar dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran teks diskusi. Media ini melatih siswa memahami makna tuturan, menyusun argumen, dan merespons pendapat secara kritis. Penggunaan siniar juga mendukung Capaian Pembelajaran fase D dan penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, siniar, teks diskusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: IRAH SUWARA
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:52
Last Modified: 08 Jul 2025 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81701

Actions (login required)

View Item View Item