PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CAMTASIA STUDIO 8 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 KOTA JAMBI

PITRIANI, KIKI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CAMTASIA STUDIO 8 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 KOTA JAMBI. CAMTASIA STUDIO 8.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB)

Abstract

Masih banyak ditemukan guru yang mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan sedikit yang menggunakan media pembelajaran yang menarik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal membuat proses belajar mengajar menjadi monoton sehingga terlihat kurang menarik hal itu terbukti dengan aktivitas belajar siswa yang masih rendah terhadap mata pelajaran ekonomi. Aplikasi Camtasia Studio 8 merupakan satu dari beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat sebuah media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis Camtasia Studio 8 pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMAN 1 Kota Jambi; (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran audio visual berbasis Camtasia Studio 8 pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMAN 1 Kota Jambi berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Kota Jambi yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis Camtasia Studio 8 telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi oleh ahli media yang memperoleh persentase sebesar 90.6% dengan kategori “sangat baik” dan hasil validasi materi yang memperoleh persentase sebesar 90.6% dengan kategori “sangat baik”. Persentase penilaian guru yaitu 94.6% dengan kategori “sangat baik”. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 96% dan termasuk ke dalam kategori sangat baik. Dan dari hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 93.8% dan termasuk ke dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis Camtasia Studio 8 pada mata pelajaran ekonomi layak untuk dijadikan media pembelajaran di dalam kelas dan mendapatkan respon positif dari siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: KIKI PITRIANI
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:16
Last Modified: 12 Jul 2019 04:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8175

Actions (login required)

View Item View Item