Aisyah, Siti (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK DIGITAL BERBANTUAN BOOK CREATOR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil analisis bahan ajar Flipbook Digital berbantuan Book Creator untuk mata pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar, (2) Mendeskripsikan design bahan ajar Flipbook Digital berbantuan Book Creator pada mata pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar, (3) Mendeskripsikan hasil pengembangan bahan ajar Flipbook Digital berbantuan Book Creator pada mata pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar, (4) Mendeskripsikan hasil evaluasi pengembangan bahan ajar Flipbook Digital berbantuan Book Creator pada mata pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri 121/I Muara Singoan pada bulan Juni 2025. Penelitian ini mengumpulkan data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data berasal dari validator, guru, serta peserta didik. Data kualitatif diperoleh melalui komentar dan masukan perbaikan yang diberikan oleh para validator, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui hasil angket validasi yang diisi oleh ahli desain, media, materi, dan bahasa, serta angket dari praktisi dan peserta didik sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan bahan ajar dilakukan secara sistematis melalui penetapan capaian pembelajaran, pemilihan materi yang relevan, analisis kemampuan prasyarat pengguna, dan kesiapan sumber daya sekolah. Desain storyboard dinilai sangat valid dengan rata-rata skor 4,8. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut sangat valid dengan skor pada aspek media sebesar 4,5, aspek materi sebesar 4,4, dan aspek bahasa sebesar 4,27. Selain itu, bahan ajar dinilai sangat praktis oleh guru dengan skor 4,8, serta memperoleh tanggapan sangat positif dari peserta didik pada uji coba kelompok kecil dengan skor 4,68 dan kelompok besar dengan skor 4,72. Evaluasi secara menyeluruh membuktikan bahwa produk ini layak digunakan dalam pembelajaran IPAS karena mudah digunakan, menarik, dan mendukung pemahaman materi secara efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar Flipbook Digital berbantuan Book Creator pada mata pelajaran IPAS kelas V telah dikembangkan melalui tahap penentuan yang sistematis, desain yang sangat valid, serta hasil validasi dan uji coba yang menunjukkan tingkat validitas dan kepraktisan yang sangat tinggi. Evaluasi menyeluruh selama proses pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Flipbook Digital, Book Creator, Mata Pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Siti Aisyah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 06:52 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |