PENGEMBANGAN e-LKPD DENGAN MODEL PjBL-STEM UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA

Halimatussa'diyah, Halimatussa'diyah (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD DENGAN MODEL PjBL-STEM UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (160kB)
[img] Text
TESIS HALIMATUSSADIYAH.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Halimatussadiyah, 2025. Pengembangan e-LKPD dengan Model PjBL-STEM untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Termokimia. Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Yusnaidar, S.Si., M.Si. Pembimbing II: Dr. Intan Lestari, S.Si., M.Si. Kata Kunci: e-LKPD, PjBL-STEM, Kreativitas, Termokimia Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan e-LKPD dengan model PjBL-STEM untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik pada materi termokimia serta pengaruh penggunaan e-LKPD sebagai bahan ajar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Lee & Owens. Produk e-LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dan 2 orang guru kimia. Uji coba pada kelompok kecil untuk melihat respons peserta didik diperoleh hasil 96,22% dengan kriteria sangat baik. Sehingga uji coba selanjutnya dilakukan pada kelompok besar dilakukan di kelas XI F2 MAN 3 Kota Jambi dengan jumlah peserta didik 34 orang. Pengumpulan data berdasarkan hasil validasi ahli, penilaian guru, hasil wawancara dengan guru, respons peserta didik, lembar observasi kreativitas dan penilaian pelaksanaan proyek serta nilai pretest-posttest. Hasil penilaian tim ahli dan praktisi terhadap produk menunjukkan hasil sangat layak. Nilai N-gain untuk nilai pretest-posttest diperoleh 0,64 dengan kriteria sedang. Hasil observasi kreativitas menunjukkan 3 kelompok memiliki kriteria cukup baik dan 2 kelompok dengan nilai baik. Begitu juga dengan hasil observasi pelaksanaan proyek menunjukkan 3 kelompok memiliki kriteria cukup baik dan 2 kelompok dengan nilai baik . Hasil respons peserta didik pada kelompok besar adalah 89,82% dengan kriteria sangat baik. Data ini menunjukkan bahwa e-LKPD dengan model PjBL-STEM yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik pada materi termokimia.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, PjBL-STEM, Kreativitas, Termokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Halimatussa'diyah
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:24
Last Modified: 21 Jul 2025 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81758

Actions (login required)

View Item View Item