PENGEMBANGAN E-LKPD SISTEM PERNAPASAN MANUSIA FASE F BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMAN 11 KOTA JAMBI

Zahra, Dinda (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD SISTEM PERNAPASAN MANUSIA FASE F BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMAN 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (84kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: E-LKPD, Problem Based Learning (PBL), Sistem Pernapasan Manusia. Penggunaan media pembelajaran adalah upaya pendidik dalam mengikuti perkembangan teknologi. Penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi dapat berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk yang diuji validasi oleh ahli media dan ahli materi. E-LKPD yang dikembangkan mencakup materi Sistem Pernapasan Manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah Research & Development dengan model ASSURE (Analyze Learner Characteristic, State Objective, Select Methods, Media and Materials, Utilize Materials, Require Learner Participation, dan Evaluate and Revise). Uji coba dilakukan kepada 8 orang peserta didik (kelompok kecil) dan 28 orang peserta didik (kelompok besar). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang berisi beberapa item pernyataan dan disebarkan melalui google form. Hasil validasi ahli media adalah sebesar 96,7% dan ahli materi sebesar 83,9% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian guru terhadap E-LKPD adalah sebesar 85,7% termasuk kategori “Sangat Baik”. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap E-LKPD adalah sebesar 93,7%. Sementara itu, hasil uji coba kelompok kecil terhadap E-LKPD adalah sebesar 95,7%. Kedua persentase respon uji coba kelompok kecil dan kelompok besar berkategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD Sistem Pernapasan Manusia Fase F Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning (PBL), Sistem Pernapasan Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ZAHRA
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:31
Last Modified: 08 Jul 2025 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81768

Actions (login required)

View Item View Item