UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI

Istiqomah, Istiqomah (2019) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (465kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DLL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (34kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

Istiqomah. 2019.Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok B Di TK Pertiwi IX Kota Jambi . Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr.Drs.H.Hendra Sofyan M.Si (II) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Kreativitas, Finger panting Penelitian ini berlatar belakang yaitu kreativitas anak TK Pertiwi IX Kota Jambi masih belum berkembang secara optimal, terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung. Guru memberikan contoh gambar pemandangan dan guru memerintahkan anak untuk menggambar bebas, akan tetapi dari 11 anak hanya 3 yang menggambar bebas dan 9 anak mengikuti contoh yang digambarkan guru melalui kegiatan finger painting diharapkan kreativitas anak dapat berkembang dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas anak usia dini sebelum dan setelah adanya tindakan melalui kegiatanfinger painting dan untuk mengetahui dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger paintingdi TK Pertiwi IX Kota Jambi. kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Sedangkan finger painting adalah melukis dengan jari, melatih perkembangan imajinasi, memperhalus motorik halus dan mengarah bakat seni khususnya seni rupa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan.Penelitian ini berfokus pada anak di sentra bahan alamkelompok B TK Pertii IX Kota Jambiyang subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini di kelas B1 yang berjumlah 11 anak, terdiri dari 5 laki-laki dan 6 perempuan.Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perkembangan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger painting di TK Pertiwi IX Kota Jambi yaitu: dari pratindakkan 26,07% Siklus I pertemuan ke-1 28,12%, siklus I pertemuan ke-2 38,15%, siklus I pertemuan ke-3 50,39% dan siklus 1 pertemuan ke-4 52,21%. Pada Siklus II peningkatan kreativitas anak sudah menunjukkan pertemuan ke-1 54,43%, siklus II pertemuan ke-2 56,50%,siklus II pertemuan ke-3 72,11%, akhir siklus ll pertemuan ke-4 93,02% melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 90%. Pertemuan ke-4 mencapai 93,02% .

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ISTIQOMAH
Date Deposited: 08 Jul 2019 07:07
Last Modified: 08 Jul 2019 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item View Item