HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI BERITA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019

DWI YUNIARTI, SINTIA HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI BERITA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI BERITA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019.

[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (163kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN-converted.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Yuniarti, S. D. 2019. Hubungan Penguasaan Teori Berita dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd., (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Kata kunci: hubungan, penguasaan teori, kemampuan menulis, teks berita Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan teori berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sementara, jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan analisis korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII C SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi yang berjumlah 44 siswa. Pembakuan instrumen penguasaan teori berita menggunakan uji validitas Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR.20. Selanjutnya, pembakuan instrumen tes kemampuan menulis teks berita menggunakan uji validitas isi dan uji reliabilitas antarpenilai (Inter-Rater). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan uji signifikansi menggunakan rumus t_hitung. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1) penguasaan teori berita siswa secara keseluruhan memperoleh rata-rata nilai 65,48 dengan kategori cukup baik, 2) kemampuan menulis teks berita siswa secara keseluruhan memperoleh rata-rata 71,7 dengan kategori baik, 3) ada hubungan yang signifikan antara penguasaan teori berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 0,970 dengan kategori sangat kuat dan koefisien determinasi sebesar 94% (r_hitung > r_tabel yaitu 0,970 > 0.297. r_tabel N= 44 taraf signifikansi 5%= 0,297). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan teori berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Implikasi penelitian ini terdiri atas implikasi teoretis dan implikasi praktis. Implikasi teoretis sebagai hasil yang memperkuat teori dengan menunjukkan penguasaan teori berita yang baik maka semakin baik kemampuan menulis teks berita. Implikasi praktis sebagai masukan dan motivasi bagi guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang lebih baik sehingga penguasaan teori berita siswa dapat menjadi lebih baik pula.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SINTIA DWI YUNIARTI
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:24
Last Modified: 08 Jul 2019 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8192

Actions (login required)

View Item View Item