Rizkiah, Nenden Nuraini (2025) PELAKSANAAN LITERASI DAN NUMERASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 173/IX RANTAU HARAPAN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
Nenden Nuraini Rizkiah_A1D119185.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (155kB) |
Abstract
ABSTRAK Rizkiah, Nenden Nuraini. Pelaksanaan Literasi dan Numerasi pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri 173/IX Rantau Harapan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Destrinelli, M.Pd. (II) Akhmad Faisal Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Literasi, Numerasi, Rapor Pendidikan Pelaksanaan literasi dan numerasi di sekolah dasar merupakan aspek penting dalam mendukung penguatan kompetensi dasar Peserta didik, terutama dalam penerapan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis kompetensi dan penguatan karakter. Dalam Literasi numerasi di SD Negeri 173/IX Rantau Harapan, perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana pelaksanaannya serta hasil terhadap capaian belajar Peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan literasi dan numerasi menggunakan kurikulum Merdeka di SD Negeri 173/IX Rantau Harapan. Serta untuk mengetahui rapor sekolah dalam kegiatan literasi dan numerasi di SD Negeri 173/IX Rantau Harapan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru dan Peserta didik di SDN 173/IX Rantau Harapan yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan literasi dan numerasi pada Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan literasi dan numerasi di SD Negeri 173/IX Rantau Harapan dengan menggunakan Kurikulum Merdeka menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan Peserta didik. Kegiatan literasi dilaksanakan melalui berbagai metode seperti membaca bersama, diskusi kelompok, dan penggunaan bahan bacaan yang beragam untuk meningkatkan pemahaman Peserta didik. Sementara itu, kegiatan numerasi diterapkan dengan pendekatan berbasis praktik, seperti perhitungan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan permainan edukatif untuk memperkuat pemahaman konsep matematika. Rapor sekolah dalam kegiatan literasi dan numerasi menunjukkan perkembangan dan peningkatan signifikan. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari laporan rapor pendidikan SDN 173/IX Rantau Harapan tahun 2024. Pada laporan tersebut bisa dilihat bahwa perubahan nilai capaian literasi dan numerasi dari tahun lalu telah meningkat. Peningkatan literasi 13,33% dari 86,67% tahun 2023 meningkat sebesar 100%. Sementara itu, peningkatan nilai capaian numerasi sebesar 36,30% yang awalnya di tahun 2023 kemampuan numerasi kisaran 60% meningkat sebesar 96,3% di tahun 2024. Harapannya pelaksanaan literasi dan numerasi bisa lebih efektif dapat mendukung tercapainya tujuan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kompetensi dasar Peserta didik secara menyeluruh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Numerasi, Rapor Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Rizkiah |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:58 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 01:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |