Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI MIPA SMA

OKTRIANI, NINA Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI MIPA SMA. JURNAL Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI MIPA SMA.

[img] Text
cover.pdf

Download (306kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (362kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (85kB)

Abstract

ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI MIPA SMA Oleh: Nina Oktriani1), Haryanto2), Yusnelti3) 1Mahasiswa S1 Pendidikan Kimia PMIPA FKIP Universitas Jambi 2Dosen Pendidikan Kimia PMIPA FKIP Universitas Jambi Jambi, Indonesia Email: oktrianinina@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terlatihny sikap ilmiah siswa. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbingmerupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap sikap ilmiah siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA SMA. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran dengan jenis model sequential exploratory. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing baik dari guru maupun siswa dan lembar obsevasi sikap ilmiah siswa. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan sikap ilmiah siswa dilakukan uji korelasi product momen. Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 71,71% dengan kategori baik dan persentase sikap ilmiah siswa sebesar 73,18% dengan kategori baik. Pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah siswa diperoleh 28,09% dengan tingkat pengaruh rendah dankorelasi nya diperoleh rxy = 0,53dengan tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan ada pengaruhnya terhadap sikap ilmiah siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA SMA. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Larutan penyangga

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: NINA OKTRIANI
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:11
Last Modified: 09 Jul 2019 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8196

Actions (login required)

View Item View Item