PENINGKATAN ASPEK-ASPEK KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI TKIT AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI

PRATAMA, YESI PENINGKATAN ASPEK-ASPEK KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI TKIT AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI. JURNAL PENINGKATAN ASPEK-ASPEK KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI TKIT AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (138kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Yesi Pratama. 2019. “Peningkatan Aspek-Aspek Keterampilan Dalam Kecerdasan Interpersonal Melalui Permainan Konstruktif”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si, Pembimbing 2 Nyimas Muazzomi, S. Ag, M.Pd.I Kata Kunci: Aspek-Aspek Keterampilan Dalam Kecerdasan Interpersonal Permainan Konstruktif Berdasarkan pengamatan di TKIT Al-Muthmainnah Kota Jambi pada saat bermain anak belum optimal dalam berinteraksi dengan teman sebayanya, terlihat dari 22 anak hanya 14 anak hanya bermain sendiri dan 8 anak mau bermain dengan teman-temannya. Ada juga anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya. Saat kegiatan pembelajaran, guru membagi anak dalam berbagi kelompok untuk mengerjakan sesuatu, terlihat ada anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya, walaupun guru sudah memberikan arahan untuk bergabung dengan temannya namun anak masih saja tidak mau bergabung dan bekerja sama dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan anak dalam keceerdasan interpersonal pada siklus II dapat ditingkatkan melalui permainan konstruktif. Keterampilan sosial adalah keahlian memelihara hubungan dengan membangun jaringan berdasarkan kemampuan untuk menemukan titik temu serta membangun hubungan baik. Kecerdasan interpesonal adalah berpikir lewat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian action research (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di TKIT Al-Muthmainnah Kota Jambi pada kelompok B usia 5-6 tahun, sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 22 siswa. Berdasarkan hasil setelah melaksanakan siklus I, pada pertemuan I anak memperoleh nilai rata-rata 70.18 dan jumlah keseluruhan 1544. Pada pertemuan II diperoleh rata-rata 72.73 dengan jumlah keseluruhan 1600 Dari hasil pengamatan selama pertemuan dapat dilihat hasil observasi aktivitas anak, siklus II pertemuan 2, diketahui dari 22 anak didapat rata-rata sebesar 84.36 dengan jumlah keseluruhan 1856. Berikut ini pembahasan hasil siklus II pertemuan I dan II setelah diberikan perlakuan Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Terdapat peningkatan keterampilan anak pada setiap siklusnya yaitu 64 % pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 73% pada siklus I pertemuan II. 82% pada siklus II pertemuan I menjadi 91% pada pertemuan II.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YESI PRATAMA
Date Deposited: 09 Jul 2019 01:58
Last Modified: 09 Jul 2019 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8198

Actions (login required)

View Item View Item