PRODESISLAMU, DHAYU ANALISIS STRATEGI PENGAJARAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI DESA WIROTHO AGUNG KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO. JURNAL ANALISIS INDIKATOR KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI VII B DESA SAPTA MULYA KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO.
Text
1 COVER.pdf Download (34kB) |
||
|
Image
lembar pengesahan.jpg Download (928kB) | Preview |
|
Text
9 DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) |
||
Text
10 BAB I.pdf Download (243kB) |
||
Text
14 BAB V.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSTRAK Dewi Putri Nur’akasah 2019 Analisis Indikator Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi VII B Desa Sapta Mulya Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. HendraSofyan dan pembimbing II Dr. KA. Rahman, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci : Kecerdasan Logika Matematika Salah satu kecerdasan dari delapan kecerdasan tersebut adalah kecerdasan logika matekatika. Kecerdasan logika matematika merupakan salah satu bagian dari multiple intelligences yang berkaitan dengan kepekaan dalam mencari dan menemukan pola yang digunakan untuk melakukan kalkulasi hitung, berpikir abstrak, berpikir logis, dan berpikir ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis indikator kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi VII B Desa Sapta Mulya Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana kualitas indikator kecerdasan logika matemtika anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi VII B Desa Sapta Mulya Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo? Jenis metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metodologi penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh anak TK Pertiwi VII B Desa Sapta Mulya Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo yang berjumlah 20 anak yang usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu semua populasi dipilih sebagai sampel penelitian sehingga sampel berjumlah 20 anak. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala likert (SS, S, KS, TS, STS). Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dengan rumus P= (Σf )/Σn x 100%. Hasil dari penelitian ini adalah 1) kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di kelas B TK Pertiwi VII sebesar 84,40%. 2) kemampuan mengidentifikasi mata uang sebesar 85%, 3) anak tertarik dan terlibat dengan computer dan kalkulator sebesar 84%, 4) keseringan anak mengajukan pertanyaan dari suatu fenomena sebesar 88%, 5) anak menyukai permianan menggunakan logika, strategi dan pemikiran sebesar 88%, 6) anak dapat menjelaskan masalah ringan secara logis sebesar 87%, 7) anak dapat membuat perkiraan sebesar 77,50%, 8) anak menghabiskan banyak waktu untuk bermain sebesar 82%, 9) anak menyusun sesuatu secara serial, kategori dan hierarki sebesar 76,67%, 10) anak mudah memahami penjelasan dimana anak mulai mengetahui sebab dan akibat dari fenomena yang terjadi sebesar 82,50% dan 11) anak suka melihat buku yang bergambar sebesar 91,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di kelas B TK Pertiwi VII berada pada Kualitas baik dengan nilai rata-rata sebesar 84,40%.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DHAYU PRODESISLAMU |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 01:58 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 01:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8201 |
Actions (login required)
View Item |