ANALISIS STRATEGI PENGAJARAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI DESA WIROTHO AGUNG KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO

PRODESISLAMU, DHAYU ANALISIS STRATEGI PENGAJARAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI DESA WIROTHO AGUNG KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO. JURNAL ANALISIS STRATEGI PENGAJARAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI DESA WIROTHO AGUNG KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (928kB) | Preview
[img] Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Dhayu Prodesislamu 2019. Analisis Strategi Pengajaran Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Hati Desa Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si dan Pembimbing II Jelpa Periantalo, S.Psi, M.Psi, Psi Kata Kunci : Strategi Pengajaran Kecerdasan Naturalis Kecerdasan naturalis anak usia dini merupakan suatu kecerdasan yang berhubungan erat dengan kesukaan mereka dan kecintaannya terhadap lingkungan atau bahkan alam sekitar yang ada di lingkungan tempat mereka tinggal saat ini. Kecerdasan naturalis ini juga dapat distimulasi dengan berbagai macam kegiatan bermain yang berhubungan erat dengan alam sekitarnya, misalnya seperti memelihara binatang, merawat tanaman, gejala alam, akuarium, berkebun, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kecerdasan naturalis pada tema tanaman, hewan, dan gejala alam anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati Desa Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana strategi pengajaran kecerdasan naturalis pada tema tanaman, hewan, dan gejala alam anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati Desa Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh anak TK Mutiara Hati Desa Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo yang berjumlah 40 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan criteria tertentu. criteria yang digunakan adalah anak yang berumur 5-6 tahun dan kelas yang terpilih adalah anak kelas B2 yang berjumlah 20 anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata bobot dari hasil pengisian angket mengenai analisis strategi pengajaran kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati sebesar 80%, berjalan dialam terbuka sebesar 83,33%, jendela pelajaran memiliki rata-rata bobot sebesar 86,67%, tanaman sebagai alat peraga memiliki rata-rata bobot sebesar 80%, binatang peliharaan dalam kelas sebesar 80%, serta rata-rata bobot dari indikator studi lingkungan sebesar 87,50%. Hal Berdasarkan hasil penelitian,maka dapat disimpulkan analisis strategi pengajaran kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati Desa Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo berada pada kategori “baik”. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata bobot hanya sebesar 83,96%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DHAYU PRODESISLAMU
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:11
Last Modified: 09 Jul 2019 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8203

Actions (login required)

View Item View Item