Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Sari, Putri Meida (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Kabupaten Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
SKRIPSI ARAB FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (226kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang mengalami penurunan dikarenakan model pembeljaran yang digunakan guru yaitu model pembelajaran langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa di madrasah ibtidaiyah al-kautsar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas Va sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 10 soal pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas terdapat 10 soal yang valid dengan reabilitas 0,943 dan termasuk kategori tinggi. Hasil data penelitian dengan bantuan SPSS versi 25 pada uji Independent Sample T-Test di dapatkan bahwa nilai signifikansi pada kolom sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut < 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran qira’ah kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab, Pembelajaran Qira'ah dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: PUTRI MEIDA SARI
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:51
Last Modified: 10 Jul 2025 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82051

Actions (login required)

View Item View Item