Studi Komparasi Metode Debat Aktif dan Metode Brainstorming Terhadap Kemampian Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi

Permata Sari, Dinda Studi Komparasi Metode Debat Aktif dan Metode Brainstorming Terhadap Kemampian Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Studi Komparasi Metode Debat Aktif dan Metode Brainstorming Terhadap Kemampian Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi.

[img] Text
COVER SKRIPSI pdf.pdf

Download (533kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (202kB)

Abstract

Sari, Dinda Permata. 2019. Studi Komparasi Metode Debat Aktif dan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. May Maemunah M, ME, (II) Dra. Refnida, ME Kata Kunci : Studi Komparasi, Metode Debat Aktif, Metode Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dimana siswa masih belum mampu mengembangkan daya nalarmya terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Guru masih kurang menggunakan IT seperti gambar atau video berupa kasus-kasus pada saat proses pembelajaran.. Hal ini dapat menyebabkan siswa kurang terlatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan dan mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode debat aktif dan metode brainstorming pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Dengan subjek penelitian berjumlah 54 siswa, 27 siswa di kelas eksperimen 1 dan 27 siswa dikelas eksperimen 2. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi yang sebelumnya diberi perlakuan terlebih dahulu menggunakan metode debat aktif dan metode brainstorming. Setelah dilakukan tes, hasil tes dianalisis secara kuantitatif melalui statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang menggunakan metode debat aktif dan metode brainstorming pada mata pelajaran ekonomi. Hasil ini diperkuat dengan perhitungan uji-t sebesar 3,3478 dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai t tabel adalah 2,0065. Dengan demikian thitung > ttabel (3,3478 > 2,0065) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kepada guru sebaiknya menerapkan metode debat aktif dan metode brainstorming dalam pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dan untuk metode yang lebih efektif peneliti menyarankan metode debat aktif untuk menunjang kemampuan berpikir kritis.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DINDA PERMATA SARI
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:19
Last Modified: 12 Jul 2019 04:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item