Saputri, Desvia (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Genially Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (691kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Genially Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas III Sekolah Dasar (2) mendeskripsikan tingkat validitas Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Genially Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas III Sekolah Dasar, dan (3) mendeskripsikan kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Genially Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 34/I Teratai, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, dengan subjek yang difokuskan yaitu pendidik dan peserta didik. Data penelitian didapatkan melalui validasi media, validasi materi, serta validasi bahasa. Selain itu, angket respon pendidik dan peserta didik juga digunakan untuk menilai keterbacaan pada uji coba kelompok kecil dan kepraktisan pada uji coba kelompok besar. Analisis data dilakukan dengan pendekatatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi oleh ahli media memperoleh rata-rata 4,6 yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Penilaian oleh ahli materi dengan rata-rata 4,9 dikategori sebagai “Sangat Valid”, dan validasi bahasa dengan rata-rata 4,7 dikategori sebagai “Sangat Valid”. Penilaian dari respon guru mendapat rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori Sangat Praktis, dan penilaian pada uji coba kelompok kecil dilihat dari keterbacaan produk peserta didik yang telah dikembangkan, serta penilaian dari penilaian respon siswa pada uji coba kelompok besar mendapat rata-rata 4,78 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Genially Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas III Sekolah Dasar secara keseluruhan layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Audio Visual, Genially, Mata Pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SAPUTRI |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:32 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |