Ramadhoniarti, Isnaini (2025) Pengembangan Modul Pembelajaran Kinematika Gerak Melingkar Berbasis Educational Robotic untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Inkuiri Terbimbing Siswa SMA Kelas XI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan .pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ISNAINI RAMADHONIARTI.....pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis Educational Robotic pada materi kinematika gerak melingkar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate), yang dibatasi hingga tahap Develop. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket persepsi guru dan siswa serta tes pre-test dan post-test kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis secara deskriftif kuantitatif dengan rumus rata-rata presentase dan hasil berpikir kritis dengan rumus N-Gain. Produk yang dihasilkan berupa modul cetak dan modul digital yang dapat diakses melalui link website. Modul dilengkapi dengan barcode video tutorial pemrograman robot pada mBlock dan barcode link untuk mengunduh aplikasi mBlock. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 93,98% dengan kategori sangat valid, untuk validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 89,38% dengan kategori sangat valid. Hasil persepsi guru menunjukkan modul efektif dalam mendukung proses pembelajaran dengan skor rata-rata 91,11% kategori sangat baik. Modul ini juga menunjukkan potensi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil evaluasi berpikir kritis dengan nilai gain sebesar 0,49 yang termasuk kategori sedang. Hasil-hasil penilaian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran kinematika gerak melingkar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Educational Robotic sebagai media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran fiskia siswa SMA kelas XI.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Educational Robotic, Inkuiri Terbimbing, Kinematika Gerak Melingkar, Kurikulum Merdeka, Modul Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ISNAINI RAMADHONIARTI |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:50 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |