PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKWU KELAS X IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

ARIANY, ANDHIKA PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKWU KELAS X IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKWU KELAS X IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (479kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (263kB)

Abstract

ABSTRAK Andhika Ariany. 2019. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKWU Kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M.E, Pembimbing II Dra. Refnida, M.E Kata Kunci: Model Pembelajaran Teaching Factory, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi, hasil bahwa pembelajaran praktek kerja kewirausahaan yang dilakukan masih banyak yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, dengan demikian dalam proses pembelajaran ada beberapa permasalahan yang dapat ditemukan pada siswa, diantaranya yaitu siswa kurang aktif atau hanya sebagian siswa yang aktif dalam kelas, kemampuan siswa belajar masih pada tingkat hapalan, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rata-rata di bawah standar pada pelajaran PKWU. Ini dapat dibuktikan hasil data sekolah SMA Negeri 8 Kota Jambi dengan 61,68% siswa kelas X mendapat nilai di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 pada mata pelajaran PKWU. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran teaching factory terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKWU Kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian True Experimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara Random sampeling. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel berdasarkan pertimbangan peneliti dan guru kelas SMA Negeri 8 Kota Jambi, sampel yang berjumlah 70 siswa, kelas eksperimen 35 siswa dan kontrol 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil uji hipotesis dilihat bahwa t hitung > ttabel yaitu 4.5431 > 1,6676 . t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 68 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6676 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran teaching factory terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKWU kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Karena t hitung > t tabel maka H1 diterima dan H0 ditolak pada taraf kepercayaan 95%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran teaching factory terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKWU kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran teaching factory terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKWU kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDHIKA ARIANY
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:56
Last Modified: 09 Jul 2019 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8228

Actions (login required)

View Item View Item