Penerapan Art Therapy dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi.

Raja Guk Guk, Reski (2025) Penerapan Art Therapy dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (137kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan salah satu kunci utama keberhasilan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Masih terdapat siswa di tingkat SMP yang menunjukkan gejala penurunan konsentrasi seperti melamun, tidak fokus, dan mudah terdistraksi selama proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan art therapy, khususnya teknik paint by number dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini dibatasi pada konsentrasi belajar sebagai perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor siswa yang diamati selama proses pembelajaran. Media paint by number diterapkan sebagai strategi layanan art therapy untuk merangsang atensi dan keterlibatan siswa melalui kegiatan kreatif yang menyenangkan. Pendekatan ini berpijak pada teori konsentrasi oleh Engkoswara dan prinsip terapi seni menurut Kramer yang menekankan keterlibatan emosional dan ekspresi non-verbal sebagai cara untuk meningkatkan fokus. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Layanan (PTL) dengan empat siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang memiliki tingkat konsentrasi belajar yang rendah berdasarkan hasil observasi awal. Instrumen yang digunakan meliputi angket, lembar observasi, dan lembar checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media paint by number dalam layanan art therapy secara bertahap mampu meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Setiap siklus memperlihatkan peningkatan signifikan dalam fokus perhatian, ketekunan dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Prosedur penerapan dilakukan secara sistematis melalui empat tahapan utama, yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Dengan tahapan yang terstruktur ini, siswa menunjukkan peningkatan konsentrasi secara konsisten dari siklus ke siklus. Pada siklus keempat, tingkat keberhasilan mencapai 89%, menunjukkan bahwa pendekatan art therapy melalui paint by number terbukti dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan sebagai alternatif inovatif dalam layanan bimbingan dan konseling yang mampu mengintegrasikan pendekatan kreatif untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran secara lebih menyenangkan dan efektif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi belajar, Art therapy, Paint by number.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: GUK
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:46
Last Modified: 09 Jul 2025 03:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82373

Actions (login required)

View Item View Item