Jamilah, Ella (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATERI MENULIS TEKS BERITA DI SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi dikembangkan untuk merespons kebutuhan belajar peserta didik yang beragam, baik dari segi kesiapan, minat, maupun gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi pembelajaran berdiferensiasi mulai dari proses perencanaan, penerapan, evaluasi, sampai pada tantangan serta upaya yang dirasakan guru dalam mengimplementasikannya di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini adalah dokumentasi proses pembelajaran, dokumen pembelajaran berdiferensiasi, catatan lapangan, dan wawancara bersama guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan memetakan kebutuhan siswa berdasarkan tingkat kesiapan belajar siswa, minat, potensi, dan gaya belajarnya. Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi tiga kegiatan yakni kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang di dalamnya memuat empat aspek dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu aspek diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Evaluasi dilaksanakan guru dengan tiga tahapan, yaitu asesmen diagnostik yang dilaksanakan di awal pembelajaran, asesmen formatif di tengah pembelajaran dan asesmen sumatif di akhir pembelajaran. Tantangan yang dirasakan oleh guru meliputi jumlah siswa yang terlalu banyak serta keterbatasan waktu, sumber daya, dana, dan bahan ajar. Sehingga, upaya yang dilakukan adalah melakukan kolaborasi bersama guru lain dan mencari sumber daya pendukung dengan memanfaatkan benda/objek di lingkungan sekitar. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam materi menulis teks berita telah dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa. Meskipun dihadapkan dengan tantangan, guru berhasil mengatasinya dengan solusi kreatif. Secara keseluruhan, pendekatan ini menciptakan pembelajaran yang lebih inklusif, bermakna, dan efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum merdeka, menulis, pembelajaran berdiferensiasi, teks berita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | ELLA JAMILAH |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |