massurniati, massurniati PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH.
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (160kB) |
|
Text
1. cover.pdf Download (22kB) |
|
Text
2.halaman pesertujuan.pdf Download (276kB) |
Abstract
ABSTRAK Massurniati. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give dan Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Sungai Penuh.: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H.Ekawarna., M.Psi., (II) Drs. H. Arpizal,. M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran kooperatif tipe take and give dan tipe time token. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran IPS terpadu tidak menarik dan menyenangkan sehingga siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran, serta siswa tidak termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, bersifat pasif dan tidak antusias mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar IPS terpadu siswa tidak maksimal dan tidak efisien. Secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dan time token terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Sungai, serta Untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Sungai Penuh dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe take and give dan tipe time token. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design. Pengumpulan data diperoleh dari hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data diperoleh dari hasil analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan setelah dianalisis Persamaan regresi kelas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give diperoleh dengan perhitungan yaitu Y=0,402 + 6,719x1. terlihat bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,483 > 1,668. dan Persamaan regresi kelas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token diperoleh dengan perhitungan yaitu Y=0,497 + 1,229x1. Terlihat bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 3,292 > 1,668. Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dan tipe time token mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs Negeri 1 kota sungai penuh, serta terdapat perbedaan hasil belajar Setelah dianalisis dari pengujian hipotesis diketahui bahwa Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel 9,028 > 3,841, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk nilai p=0.004 dengan batas kemaknaan (α) 5% (0.05) maka nilai p < 0.05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar. Jadi, kesimpulannya adalah Terdapat Perbedaan Hasil Belajar IPS terpadu siswa di MTs Negeri 1 Kota Sungai Penuh dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dan tipe Time Token.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | MASSURNIATI |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 07:27 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 07:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8238 |
Actions (login required)
View Item |