haliza, Nur (2025) IMPLEMENTASI CIRCULAR MODEL PADA PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP FASILITAS DAN LAYANAN DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak-Nurhaliza.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1-Nurhaliza.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
Bab 5-Nurhaliza.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
Cover-NURHALIZA_F1E121055.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka-Nurhaliza.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
FULL_SKRIPSI_ NURHALIZA_F1E121055.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan-Nurhaliza.pdf Download (551kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi The Circular Model of SOME (yang mencakup fase Share, Optimize, Manage, dan Engage) dalam mengelola konten Instagram @fst_unja. Tujuan utamanya adalah untuk melihat bagaimana model ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap fasilitas dan layanan yang disediakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengumpulkan data melalui insight Instagram serta menyebarkan kuesioner daring dalam format Pre-Test dan Post-Test kepada mahasiswa FST UNJA yang aktif berinteraksi dengan akun Instagram tersebut. Instrumen penelitian, yang disusun berdasarkan tujuh indikator kognitif pemahaman Taksonomi Bloom dari Anderson & Krathwohl (2001), telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk mengevaluasi strategi konten berdasarkan insight, keterlibatan (engagement), dan tahapan implementasi model, serta secara kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji N-Gain untuk menilai perbedaan tingkat pemahaman mahasiswa sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Circular Model berhasil meningkatkan keterlibatan mahasiswa, terbukti dari lonjakan signifikan pada tayangan, jangkauan, dan interaksi (seperti suka, komentar, dan partisipasi polling), yang mengindikasikan efektivitas model ini dalam pengelolaan media sosial institusi pendidikan. Selain itu, pemahaman mahasiswa terhadap informasi fasilitas dan layanan juga meningkat drastis dari kategori “Sangat Rendah” sebelum implementasi menjadi “Sangat Tinggi” setelahnya, dengan skor N-Gain rata-rata 80,55 yang masuk dalam kategori peningkatan "tinggi". Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa Circular Model tidak hanya efektif dalam meningkatkan keterlibatan audiens melalui strategi konten yang tepat sasaran, tetapi juga berperan positif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap informasi kampus yang disalurkan melalui media sosial. This study focuses on the implementation of The Circular Model of SOME (comprising the phases of Share, Optimize, Manage, and Engage) in managing the Instagram content of @fst_unja. The primary objective is to examine how this model can enhance students’ understanding of the facilities and services provided by the Faculty of Science and Technology at the University of Jambi. To achieve this goal, the researcher collected data through Instagram insights and distributed online questionnaires in the form of Pre-Test and Post-Test to FST UNJA students who actively interact with the account. The research instrument, developed based on the seven cognitive indicators of understanding from Bloom’s Taxonomy revised by Anderson & Krathwohl (2001), has undergone validity and reliability testing. Data analysis was conducted both qualitatively—to evaluate content strategies based on insights, engagement, and model implementation stages—and quantitatively using descriptive analysis and N-Gain testing to assess differences in students’ understanding before and after the intervention. The results indicate that the application of the Circular Model successfully increased student engagement, as evidenced by significant spikes in views, reach, and interactions (such as likes, comments, and poll participation), demonstrating the model’s effectiveness in managing institutional social media. Furthermore, students’ understanding of information regarding facilities and services improved dramatically—from the "Very Low" category before implementation to "Very High" afterward, with an average N-Gain score of 80.55, classified as a "high" level of improvement. Thus, this study concludes that the Circular Model is not only effective in enhancing audience engagement through well-targeted content strategies but also plays a positive role in improving students’ understanding of campus-related information delivered via social media.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Circular Model of SOME, Engagement, Fasilitas dan Layanan, Instagram, Media Sosial, Pemahaman Mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Nurhaliza |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:02 |
Last Modified: | 03 Aug 2025 05:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |