Tradisi Nyadran Masyarakat Desa Suka Maju Tebo Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sejarah

Purnomo, Budi and Kurniawanti, Merci Robbi and Safitri, Yana (2025) Tradisi Nyadran Masyarakat Desa Suka Maju Tebo Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sejarah. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK Yana.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB I yanaaa.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB V yanaaaa.pdf

Download (95kB)
[img] Text
COVER YANAA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAPUSs YANA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
SKRIPSIKU YANA SAFITRI(1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Pengesahan yana.pdf

Download (705kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tradisi Nyadran merupakan kebiasaan masyarakat desa Suka Maju dalam menyambut bulan ramadhan sekitar 10 hari sebelum puasa, tradisi ini di bawa oleh masyarakat jawa dalam program transmigrasi pada tahun 1978, dalam tradisi nyadran terdapat makna dan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila, makna yang terkandung dalam tradisi nyadran yaitu mengupas dari ziarah kubur sepert: Besik, Do’a bersama dan kembul bejuno. serta nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi nyadran ada 3 yaitu: Beriman dan bertakwa, Gotong-royong, Berkheninekaan Global. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sejarah Tradisi Nyadran, Perkembangan dan perubahan Tradisi Nyadran, makna dan nilai-nilai karakter dalam tradisi Nyadran masyarakat Desa Suka Maju, Kabupaten Tebo, serta menganalisis relevansinya dalam pembelajaran sejarah. Tradisi Nyadran merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur yang diwariskan secara turun-temurun dan masih dilestarikan oleh masyarakat setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Nyadran memiliki makna spiritual dan sosial yang mendalam, seperti nilai gotong royong, kebersamaan, penghormatan terhadap leluhur, dan rasa syukur. Nilai-nilai tersebut sangat relevan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran sejarah karena mampu memperkuat pendidikan karakter serta menumbuhkan kesadaran peserta didik terhadap pentingnya pelestarian budaya lokal. Oleh karena itu, tradisi Nyadran dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang kontekstual dan bermakna dalam upaya memperkaya materi sejarah dan memperkuat identitas budaya bangsa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Yana Safitri
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:34
Last Modified: 09 Jul 2025 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82468

Actions (login required)

View Item View Item