Tanggung Jawab Perusahaan Bintang Jaya Terhadap Kerusakan Barang Kiriman di Kota Jambi

Andi, Apri (2025) Tanggung Jawab Perusahaan Bintang Jaya Terhadap Kerusakan Barang Kiriman di Kota Jambi. S1 thesis, Hukum Perdata Bisnis.

[img] Text
cover benar fix (4).pdf

Download (20kB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (19MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
bab 1 .pdf

Download (568kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan tanggung jawab hukum perusahaan jasa ekspedisi terhadap kerusakan barang selama proses pengiriman, dan untuk mengetahui upaya penyelesaian ganti rugi oleh perusahaan jasa ekspedisi, dengan studi kasus pada CV Bintang Jaya Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris dengan pendekatan deskriptif, dan data diperoleh melalui wawancara dengan pihak internal perusahaan serta konsumen pengguna jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tanggung jawab oleh CV Bintang Jaya Jambi telah dilakukan dengan memberikan kompensasi kepada konsumen atas kerusakan barang yang terjadi selama proses pengiriman. Perusahaan memiliki prosedur klaim yang dapat digunakan oleh konsumen untuk mengajukan ganti rugi. Penyelesaian sengketa atas kerusakan barang dapat ditempuh melalui litigasi (pengadilan) atau non-litigasi (di luar pengadilan). Meskipun jalur litigasi bersifat mengikat, penyelesaian melalui mediasi, negosiasi, atau konsiliasi dinilai lebih efisien dan adaptif terhadap kepentingan para pihak. Penelitian ini merekomendasikan agar CV Bintang Jaya Jambi meningkatkan sosialisasi kepada konsumen mengenai hak-hak hukum dan prosedur klaim kerusakan barang, serta memperbaiki sistem pengawasan dan pengemasan guna mencegah kerusakan selama pengiriman. Dengan langkah- langkah tersebut, kepercayaan dan kepuasan konsumen diharapkan dapat meningkat secara berkelanjutan. Kata kunci: Tanggung jawab, kerusakan barang, kiriman

Type: Thesis (S1)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: APRIANDI
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:12
Last Modified: 09 Jul 2025 04:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82513

Actions (login required)

View Item View Item