Mirana, Nanda Pengembangan Media Pembelajaran Berbasia Android Menggunakan Android Studio Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Jambi. Universitas Jambi. (Unpublished)
Text
7- BAB I.pdf Download (149kB) |
|
Text
11- BAB V.pdf Download (137kB) |
|
Text
2- PRSETUJUAN DAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf Download (351kB) |
|
Text
1-COVER-SKRIPSI-.pdf Download (102kB) |
|
Text
6- DAFTAR ISI, GAMBAR. TABEL.pdf Download (81kB) |
Abstract
ABSTRAK Mirana,Nanda.2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Android Studio Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Jambi. Pembimbimg (I) Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi; dan Pembimbing (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd; Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Android, Android Studio Penggunaan media pembelajaran di sekolah masih sangat minim, dikarenakan masih kurangnya pengetahuan guru mengenai media pembelajaran yang dapat dikembangkan dan digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar, sehingga guru masih menjelaskan pembelajaran secara manual yaitu dengan menggunakan media papan tulis. Akibatnya seringkali partisipasi siswa rendah dalam kegiatan pembelajaran yang menyebabkan keadaan kelas sering tidak kondusif, interaksi siswa terhadap pembelajaran rendah, serta siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran di kelas. Dengan keadaan tersebut tentunya sangat sulit bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran sebagaimana mestinya. Salah satu media yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal adalah media pembelajaran berbasis Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android menggunakan Android Studio untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penelitian validasi materi, validasi media, dan angket respon siswa. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi Android dengan model pengembangan 4D dan di validasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) hasil angket dari ahli materi 80% (sangat valid), (2) hasil angket ahli media 100% (sangat valid), (3) hasil angket tanggapan kelompok kecil 89,72% (sangat menarik), (4) hasil angket tanggapan kelompok besar 91,49% yang dikategorikan “sangat menarik”, dan (5) pada saat dilakukan pretest diperoleh hasil 64,18% dan postest sebesar 84,85% dengan rata-rata peningkatan sebesar 32,29% yang menunjukkan ada nya peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran. Dari hasil pembahsan dan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android menggunakan Android Studio sangat efektif, layak dan menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar guna memenuhi tuntutan kebutuhan pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NANDA MIRANA |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 01:55 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 01:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8255 |
Actions (login required)
View Item |