Jannah, Raudatul PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI II KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI II KOTA JAMBI.
![]() |
Text
1 cover.doc Download (55kB) |
|
![]()
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (434kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Jannah, Raudatul. 2019. “Pengaruh penggunaan media flipchart terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi II Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I, Pembimbing 2. Kata Kunci: Penggunaan media flipchart, keterampilan berbicara Berdasarkan hasil observasi di TK Pertiwi II Kota Jambi kemampuan berbicara anak belum optimal, dari 63 anak hanya 31 anak yang memiliki kemampuan berbicara dan 32 anak belum memiliki kemampuan berbicara yang baik, dari permasalahan yang dihadapi terlihat dari kemampuan anak yang sulit berkomunikasi dengan bahasa lisan, sulit mengemukakan pendapat dengan sederhana, sulit memberi informasi, sulit menjawab pertanyaan, malu untuk bertanya, sulit untuk menceritakan pengalaman yang sederhana, dan kemampuan kosa kata pun masih terbatas. Berdasarkan hasil observasi tersebut perlu adanya tindakan atau inovasi agar anak yang kemampuan berbicara belum optimal bisa lebih baik lagi. Peneliti menggunakan media flipchart, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flipchart terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi II Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan postest group design. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu 0,0959 < 0,1591 untuk kelas eksperimen dan 0,1111 < 0,1566 untuk kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal, uji homogenitas bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 0.94 < 3,32 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas control memiliki variansi yang homogeny, uji hipotesis bahwa thitung > ttabel yaitu 3.7025 > 1,6702 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 61 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6702 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penggunaan media flif chart terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi II Kota Jambi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flipchart terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi II Kota Jambi. Dari hasil penelitian tersebut pada saat guru menyampaikan sebuah materi atau pembelajaran anak mampu berbicara dengan optimal atau lebih aktiv berkomunikasi dengan guru, dengan media flipchart ini bisa meningkatkan kemampuan berbicara anak, anak mampu berbicara untuk mengekspresikan kebutuhannya, bertanya, dan untuk belajar tentang dunia yang akan mereka kembangkan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAUDATUL JANNAH |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 07:38 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 07:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |