Peran kepemimpinan kepala Sekolah Dalam Keberhasilan Program Literasi di SMP 21 Batang hari

Suryati, Lina (2025) Peran kepemimpinan kepala Sekolah Dalam Keberhasilan Program Literasi di SMP 21 Batang hari. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
lembar pengesahan Lina.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Abstrak Lina.pdf

Download (178kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (763kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Cover lina.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Daftar pustaka Lina.pdf

Download (197kB)
[img] Text
FULL TESIS LINA SURYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah dalam mengupayakan keberhasilan program Literasi di SMPN 21 Batang Hari dalam mencapai visi misi sekolah sehingga bisa dijadikan kajian ilmiah untuk SMPN 21Batang Hari, maupun untuk peneliti selanjutnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data skunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penampilan data dan penarikkan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji triangulasi, perpanjang pengamatan dan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan; A. Peran kepala sekolah sebagai penggerak, Kepala sekolah SMPN 21 Batang Hari dalam mengupayakan terwujudnya visi misi sekolah dengan memaksimalkan program literasi di antaranya : 1). Fasilitas Membaca, perpustakaan nyaman, Pojok baca, Warung Baca, Saung Baca, 2). GLS (Gerakan Literasi Sekolah), 3). MMB (Membaca, Menulis, Berkarya), 4). SASISABU (Satu Siswa Satu Buku), 5). SASISAKA (Satu Siswa Satu Karya), 6). Sekolah Berpassword, 7). BALI (Baca Kembali). B. Peran kepala sekolah membimbing; Kepala sekolah SMPN 21 Batang Hari dalam mengupayakan untuk membangkitkan semangat para guru dan siswa didik dalam melaksanakan tugas-tugasnya dan juga meningkatkan semangat siswa untuk mengikuti program literasi, dengan cara memotivasi disetiap kesempatan seperti saat apel dan upacara. C. Peran kepala sekolah sebagai pendorong; Kepengawasan yang dilakukan adalah tidak dilakukan secara khusus pada kegiatan literasi tetapi kepengawasan secara umum, kepala sekolah biasanya mengaitkan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan literasi, mengapresiasi guru yang berkarya dengan twibon serta hadiah untuk siswa, selain itu juga mengupayakan fasilitas yang nyaman untuk program literasi. D. Peran kepala sekolah SMPN 21 Batang Hari sudah berusaha memberikan teladan kepada masyrakat sekolah untuk mensukseskan program literasi dengan menghasilkan karya buku non fiksi tentang “ Sekolah BerPasword” yang menjadi program sekolah. Para guru SMPN 21 Batang Hari juga berprestasi dengan menerbitkan beberapa buku, di antaranya buku nonfiksi pelajaran mulok yang menjadi referensi mata pelajaran mulok di kabupaten Batang Hari dan dipajang di perputakaan sekolah sebagai bahan baca untuk siswa. Siswa SMPN 21 Batang Hari juga tidak kalah hebatnya karna sudah menerbitkan karya berbetuk antalogi cerpen, analogi puisi, novel.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala sekolah, Program Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Lina Suryati
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:13
Last Modified: 09 Jul 2025 07:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82695

Actions (login required)

View Item View Item