PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMKN 1 KOTA JAMBI

PURNAMA SARI, YURITA PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMKN 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMKN 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (94kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Yurita Purnama, 2018. Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas X di SMKN 1 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Hj. Farida Kohar, MP (II) Riyo Riyadi, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Kota Jambi belum sesuai dengan harapan. Pemanfaatan fasilitas belajar dan minat belajar yang belum maksimal sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas X di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Kota Jambi tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 60 yang digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi Hasil koefisien determinasi terlihat bahwa nilai R square sebesar 0,545. Hal ini berarti bahwa variabel bebas memberikan sumbangan kepada variabel terikat sebesar 54,5% dan sisanya sebesar 45,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu, nilai signifikansinya kurang dari yaitu 0,000<0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak Hal ini berarti bahwa pemanfaatan fasilitas belajar (X1) dan minat belajar (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terbentuk 2 variabel yaitu terdapat pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas X di SMKN 1 Kota Jambi. Persamaan regresi diperoleh dengan perhitungan yaitu Y = 37,091 + 0,329 X1 + 0,212 X2 + e. Maknanya semakin tinggi pemanfaatan fasilitas belajar dan minat belajar akan berakibat semakin tinggi jungga hasil belajar ekonomi siswa kelas X. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan kepada siswa agar dapat menyadari bahwa belajar merupakan kewajiban bagi siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan dapat memanfaatkan fasilitas belajar yang ada dengan sebaik mungkin. Saran untuk guru agar dapat lebih meningkatkan belajar siswa dengan menumbuhkan minat belajar siswa dan memberikan arahan kepada siswa bahwa banyak sekali sumber belajar yang dapat dimanfaatkan selain informasi dari guru.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YURITA PURNAMA SARI
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:35
Last Modified: 10 Jul 2019 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8274

Actions (login required)

View Item View Item