PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS SMA FERDY FERRY PUTRA JAMBI

Jayanti, Rima Dwi PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS SMA FERDY FERRY PUTRA JAMBI. PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS SMA FERDY FERRY PUTRA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Jayanti, Rima. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMA Ferdy Ferry Putra Jambi.: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA., M.Si., (II) Ahmad Nasori, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA Ferdy Ferry Putra Jambi. Hal ini disebabkan karena dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi kurang mengembangkan model pembelajaran yang membuat peserta didiknya aktif dan mampu dalam berpikir dan memecahkan masalah sendiri. Guru lebih sering mengajar dengan cara ceramah biasa dan jarang menggunakan bantuan media power point, gambar, dan video saat mengajar sehingga pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) serta siswa kurang mendapat kesempatan dalam mengembangkan potensi dan karakternya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design. Adapun Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Equivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data diperoleh dari hasil analisis uji normalitas, uji homogenitas, N-Gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ekonomi menggunakan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan menggunakan inkuiri terbimbing. Dimana model problem based learning lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa XI IPS SMA Ferdy Ferry Putra Jambi dengan kriterian N-Gain tinggi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: RIMA DWIJAYANTI
Date Deposited: 10 Jul 2019 06:48
Last Modified: 10 Jul 2019 06:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8285

Actions (login required)

View Item View Item