Halwa, Agustia PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MIPA 7 SMA N 1 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MIPA 7 SMA N 1 KOTA JAMBI.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (17kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (275kB) |
Abstract
Halwa, Agustia. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi. (II) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Ekonomi, Lectora Inspire. Perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan seiring perkembangan zaman. Hal ini pun juga berdampak pada dunia pendidikan. Di SMA N 1 Kota Jambi telah didukung oleh sarana dan prasarana yang mendukung dan sumber daya teknologi yang memadai. Namun media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih terbatas berupa spidol, papan tulis, atau hanya berupa media presentasi biasa. Hal ini membuat siswa kurang bersemangat dan antusias dalam belajar. Lectora Inspire merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif yang di dalamnya dapat memuat gambar, audio, animasi, video, kuis, dan games sehingga dapat menjadi media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada mata pelajaran ekonomi kelas XI MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi; (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada mata pelajaran ekonomi kelas XI MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi; (3) untuk mengetahui respon siswa kelas XI MIPA 7 SMA N 1 Kota Jambi mengenai media pembelajaran berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembagan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Kota Jambi yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi yang memperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori “sangat layak” dan hasil validasi media yang memperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori “sangat layak”. Persentase penilaian guru yaitu 96% dengan kategori “sangat layak”. Dari hasil angket respon siswa kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 93,33% dan termasuk ke dalam kategori sangat layak. Dan dari hasil angket respon siswa kelompok besar memperoleh persentase sebesar 93,86% dan termasuk ke dalam kategori sangat baik/layak. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada mata pelajaran ekonomi layak untuk dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran di dalam kelas dan mendapatkan respon positif dari siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | AGUSTIA HALWA |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 06:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 06:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8287 |
Actions (login required)
View Item |