Istanti, Lina ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI JAMBI. pendidikan sejarah universitas jambi.
Text
COVER.pdf Download (191kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (456kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (307kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Istanti, Lina.2019. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Sejarah Siswa kelas XI IPS SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum M.Pd (II) Amir Syarifuddin S.Pd, M.Pd Kata kuci: Faktor, kesulitan belajar,siswa, sejarah Latar belakang penelitian ini adalah siswa yang tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik seperti siswa lain pada umumnya, kondisi kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) faktor penyebab kesulitan belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi 2) solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner,dan dokumentasi, serta subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS yang memiliki nilai dibawah KKM berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik presentase untuk menggambarkan faktor kesulitan belajar dengan menghitung seberapa besar presentase hasil kuesioner pada siswa kelas XI IPS SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kuesioner faktor kesulitan belajar siswa XI IPS SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi di lihat dari faktor internal yaitu: faktor minat 35% (Rendah), faktor motivasi 38% (Rendah), faktor Intelegensi 45% (cukup tinggi), faktor kebiasaan belajar 75,6% (Tinggi). Sedangkan faktor eksternal yaitu:faktor guru 22,14% (rendah), faktor sekolah 32% (rendah), faktor teman 61,67% (Tinggi) dan faktor orang tua 56,87% (cukup tinggi). Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar sejarah yaitu: menjelaskan hal-hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan, meningkatkan motivasi, mempengaruhi kemampuan intelegensi siswa, mengatur atau menjadwalkan waktu belajar dengan baik, memilih waktu sekolah yang tepat , alat yang lengkap akan memberi pengaruh positif terhadap belajar, pembinaan pergaulan yang baik, pengawasan dari orang tua dan guru harus bijakasana, serta perlunya perhatian dan kasih sayang orang tua terhadap kegiatan belajar anak nya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Depositing User: | LINA ISTANTI |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 03:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 03:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8289 |
Actions (login required)
View Item |