Kecemasan Berbahasa Arab (Muhadastah) Pada Program Bahasa Arab Santri Pondok Modern Al-Mishbah Jambi

Hulwani, Yusuf (2025) Kecemasan Berbahasa Arab (Muhadastah) Pada Program Bahasa Arab Santri Pondok Modern Al-Mishbah Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK YUSUF HULWANI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I YUSUF HULWANI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V YUSUF HULWANI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
COVER YUSUF HULWANI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YUSUF HULWANI.pdf

Download (410kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI YUSUF HULWANI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN YUSUF HULWANI.pdf

Download (408kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan berbicara bahasa arab dikalangan santri Pondok Modern Al-Mishbah Jambi pada program bahasa arab. Data penelitian ini di dapatkan dengan cara observasi, kuesioner, wawancara dan Forum group discussion. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode campuran yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner dengan alat ukur kecemasan Horwitz 1986 FLCAS (Foreign Language Classroom Anxiety Scale) yang dimodifikasi sesuai dengan tujuan penelitian. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara semi terstruktur dengan pertanyaan terbuka untuk memperoleh kewajaran pengalaman santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri dominan mengalami tingkat kecemasan yang tinggi pada kecemasan evaluasi negatif yaitu sebesar 65%. Temuan lainnya adalah Kecemasan santri juga dipengaruhi oleh faktor psikologis dan sosial, seperti harga diri, daya saing, kecemasan sosial, hubungan antara guru dengan murid, konsep diri, efikasi dan Kecerdasan emosional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengurus pondok pesantren dalam merancang strategi yang lebih efektif dalam pelaksanaan program bahasa, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan studi bahasa Arab di kalangan santri, khususnya dalam upaya mengurangi kecemasan berbicara.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan berbicara bahasa arab dikalangan santri Pondok Modern Al-Mishbah Jambi pada program bahasa arab. Data penelitian ini di dapatkan dengan cara observasi, kuesioner, wawancara dan Forum group discussion. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode campuran yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner dengan alat ukur kecemasan Horwitz 1986 FLCAS (Foreign Language Classroom Anxiety Scale) yang dimodifikasi sesuai dengan tujuan penelitian. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara semi terstruktur dengan pertanyaan terbuka untuk memperoleh kewajaran pengalaman santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri dominan mengalami tingkat kecemasan yang tinggi pada kecemasan evaluasi negatif yaitu sebesar 65%. Temuan lainnya adalah Kecemasan santri juga dipengaruhi oleh faktor psikologis dan sosial, seperti harga diri, daya saing, kecemasan sosial, hubungan antara guru dengan murid, konsep diri, efikasi dan Kecerdasan emosional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengurus pondok pesantren dalam merancang strategi yang lebih efektif dalam pelaksanaan program bahasa, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan studi bahasa Arab di kalangan santri, khususnya dalam upaya mengurangi kecemasan berbicara. This study aims to identify the factors influencing the level of Arabic-speaking anxiety among students (santri) at Pondok Modern Al-Mishbah Jambi enrolled in the Arabic language program. The research data were obtained through observation, questionnaires, interviews, and focus group discussions. A mixed-method approach was employed, integrating both qualitative and quantitative methods. Quantitative data were collected using a questionnaire based on the Foreign Language Classroom Anxiety Scale (FLCAS) developed by Horwitz (1986), which was modified to suit the specific objectives of this study. Qualitative data were obtained through semi-structured interviews with open-ended questions to gain an in-depth understanding of the students' experiences. The results indicate that a majority of students (65%) experience a high level of anxiety, particularly related to negative evaluation. Other findings reveal that students' anxiety is also influenced by psychological and social factors, such as self-esteem, competitiveness, social anxiety, teacher-student relationships, self-concept, self-efficacy, and emotional intelligence. It is expected that the findings of this study will provide valuable insights for pesantren administrators in designing more effective strategies for language program implementation. Additionally, this research contributes to the development of Arabic language education among santri, particularly in efforts to reduce speaking anxiety.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan berbahasa, Bahasa Arab, FLCAS, Metode Campuran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: HULWANI
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:30
Last Modified: 10 Jul 2025 07:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82930

Actions (login required)

View Item View Item