PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

Yanto, Ari (2025) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB 5 YANTOX.pdf

Download (278kB)
[img] Text
COVER YANTOX.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
SKRIPSI YANTOX.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ARI YANTO (1).pdf

Download (24kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Dukungan Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri 11 Muaro Jambi dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap kepercayaan diri siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa kelas XI tahun ajaran 2024/2025 yang diambil menggunakan teknik total sampling, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel karena jumlahnya relatif kecil dan memungkinkan untuk diteliti secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket model skala Likert dengan lima opsi jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dukungan orang tua berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 119,04 atau 79,36%, dan kepercayaan diri siswa juga tergolong tinggi dengan skor rata-rata sebesar 128,72 atau 83%. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,115, yang berarti dukungan orang tua memberikan pengaruh sebesar 11,5% terhadap kepercayaan diri siswa, sementara 88,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji asumsi normalitas dan linearitas menunjukkan bahwa data memenuhi syarat untuk dianalisis menggunakan model regresi. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan orang tua terhadap kepercayaan diri siswa dalam proses pembelajaran. Dukungan orang tua yang mencakup aspek moral, material, dan penghargaan terbukti berperan penting dalam membentuk kepercayaan diri siswa. Kepercayaan diri yang baik ditunjukkan melalui keyakinan pada kemampuan diri sendiri, keberanian mengemukakan pendapat, sikap optimis dalam menghadapi kesulitan, serta kemandirian dalam mengambil keputusan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orang Tua, Kepercayaan Diri, Proses Pembelajaran, Siswa SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ARIYANTO
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:20
Last Modified: 10 Jul 2025 08:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82934

Actions (login required)

View Item View Item