Aszari, Siti Annisa (2025) Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Ikhlas Desa Singkawang Kecamatan Muara Bulian. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (306kB) |
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Al Ikhlas Desa Singkawang, Kecamatan Muara Bulian, yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis anak usia 5–6 tahun masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan oleh masih banyaknya anak yang belum mampu melakukan pengurutan benda secara logis, menyusun pola, serta mengelompokkan objek berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran. Selain itu, anak juga masih mengalami kesulitan dalam menarik kesimpulan sederhana dari aktivitas yang mereka lakukan. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 5–6 tahun di TK tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang diterapkan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 anak, dan seluruh populasi dijadikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, sedangkan teknik analisis data mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 12,77 dengan total skor 281, sedangkan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 21 dengan total skor 462. Terdapat selisih rata-rata sebesar 8,23, yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir logis setelah perlakuan diberikan. Uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 22,483 lebih besar dari ttabel sebesar 2,086 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 5–6 tahun di TK Al Ikhlas Desa Singkawang, dan terbukti efektif sebagai pendekatan pembelajaran untuk menstimulasi aspek kognitif pada anak usia dini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | outdoor learning, logical thinking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SITI ANNISA ASZARI |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:04 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 06:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |