Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android pada Kelas X SMA

Juwita, Sukma Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android pada Kelas X SMA. Universitas Jambi. (Unpublished)

[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (182kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika dalam bentuk buku saku digital berbasis android, dengan materi berupa konsep-konsep dasar matematika pada kelas X SMA. Serta mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran buku saku digital terhadap pembelajaran peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMAN 12 Kota Jambi tahun ajaran 2018/2019. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 12 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, lembar observasi, dan soal tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran buku saku digital berbasis android berdasarkan penilaian dari ahli media, diperoleh rerata nilai total (V) 4,42 yang termasuk kategori “sangat baik”. Dari ahli materi, diperoleh rerata nilai total (V) 4,8 yang termasuk kategori “sangat baik”. Selanjutnya produk kemudian direvisi berdasarkan komentar dan saran yang diberikan, hingga produk dinyatakan layak untuk digunakan. dari hasil pengisian angket uji perorangan oleh guru diperoleh rerata persentase 60%-80% sehingga produk masih memerlukan sedikit revisi berdasarkan komentar dan saran yang diberikan guru hingga produk dinyatakan layak untuk digunakan. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 82%-93%, sehingga produk tidak perlu direisi. Kemudian dari tes hasil belajar pada materi fungsi diperoleh 81% peserta didik tuntas melebihi KKM. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan “efektif” dalam penggunaannya pada materi fungsi. Dengan demikian, media pembelajaran buku saku digital berbasis android pada kelas X SMA yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SUKMA JUWITA
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:47
Last Modified: 11 Jul 2019 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item View Item