Pemanfaatan Prinsip Sopan Santun Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi:

Mardiah, Nini Pemanfaatan Prinsip Sopan Santun Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi:. JURNAL Pemanfaatan Prinsip Sopan Santun Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi:.

[img] Text
COVER.docx

Download (280kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I NINI A1B115004.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Mardiah, Nini. 2019. Pemanfaatan Prinsip Sopan Santun Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Drs. Mujiyono Wiryotiniyo, B.A., M. Pd., (II) Drs. Akhyaruddin, M.Hum. Kata Kunci: Prinsip Sopan Santun, Diskusi Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan macam-macam pematuhan dan pelanggaran maksim sopan santun pada tuturan siswa kelas VIII J SMP NEGERI 11 Kota Jambi pada saat berdiskusi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik rekam, yakni berupa rekaman video pada saat siswa berdiskusi, dengan adanya rekaman video ini akan membantu peneliti pada saat menganalisis data yang diperoleh. Kemudian, dalam penelitian ini digunakan teknik simak, yakni dengan cara menyimak tuturan siswa kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi pada saat melaksanakan kegiatan diskusi dan memasukkan langsung pada lembar pengamatan yang sudah disiapkan, teknik simak ini dilanjutkan dengan teknik catat. Hasil penelitian Pemanfaatan Prinsip Sopan Santun Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019 menunjukkan adanya berbagai jenis tuturan siswa yang mematuhi dan melanggar maksim-maksim sopan santun Leech. Prinsip Sopan Santun Leech terdiri dari enam maksim, yakni maksim kearifan (Tact Maxim), maksim kedermawanan (Generosity Maxim), maksim pujian (Approbation Maxim), maksim kerendahan hati (Modesty Maxim), maksim kesepakatan (Agreement Maxim), dan maksim simpati (Sympathy Maxim). Simpulan penelitian ini terdapat pematuhan dan pelanggaran maksim sopan santun Leech. Adapun maksim yang dipatuhi meliputi maksim kearifan sebanyak 2 tuturan, maksim kedermawanan 3 tuturan, maksim pujian sebanyak 5 tuturan, maksim kerendahan hati sebanyak 4 tuturan, maksim kesepakatan sebanyak 6 tuturan dan maksim simpati sebanyak 2 tuturan. Adapun maksim yang dilanggar oleh siswa kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi meliputi maksim kearifan sebanyak 2 tuturan, maksim kedermawanan sebanyak 3 tuturan, maksim pujian sebanyak 5 tuturan, maksim kerendahan hati sebanyak 1 tuturan, maksim kesepakatan sebanyak 3 maksim, dan maksim simpati sebanyak 2 tuturan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NINI MARDIAH
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:54
Last Modified: 11 Jul 2019 07:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item View Item