PENGARUH BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI II KOTA JAMBI

OKTA SARI, MAYA PENGARUH BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI II KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI II KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (74kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (177kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Maya Okta Sari. 2019. “Pengaruh bermain peran makro terhadap kecerdasan kinestestik anak pada kelompok B Di TK Pertiwi II Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I, Pembimbing 2 Kata Kunci: Bermain peran makro, kecerdasan kinestestik anak Berdasarkan hasil pemgamatan peneliti di TK Pertiwi II Kota Jambi khususnya anak kelompok B, di mana dari 63 anak terdapat 42 anak yang belum optimal kecerdasan kinestetiknya. Anak yang terlihat anak belum sepenuhnya menggunakan seluruh tubuh dalam mengekspresikan ide, sedangkan 21 anak sudak terlihat memiliki kecerdasan yang baik, belum optimalnya tersebut di karenakan anak belum memiliki keseimbangan, serta keterampilan untuk mengontrol geerakan-gerakan tubuh dan kemampuan untuk memanipulasi objek, padahal anak sering di berikan pembelajaran yang mengarah ke kinestetik, anak terlihat saat mengikuti permainan tampak malas mengikutinya, dan tidak bersemangat bermain. Selain itu masih belum optimalnya pelaksanaan kegiatan bermain sehingga menyebabkan kemampuan anak dalam kecerdasan kinestetik masih belum obtimal. Kecerdasan kinestetik merupakan suatu kecerdasan dimana saat menggunakannya seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota tubuhnya untuk melakukan gerakan seperti berlari, menari, membangun sesuatu, melakukan kegiatan seni dan hasta karrya. Bermain peran makro merupakan permainan yang memerankan suatu peran dengan menggunakan bahan yang berukuran mirip dengan aslinya. Bermain peran makro memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak saat pembelajaran karena anak terlibat langsung dalam kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain peran makro terhadap kecerdasan kinestestik anak pada kelompok B TK Pertiwi II Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan postest group design. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 42 anak. Berdasarkan hasil analisis data diperolehnilai Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu 0,1251 < 0,1933 untuk kelas eksperimen dan 0,1469 < 0,1933 untuk kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji hipotesis bahwa thitung > ttabel yaitu 2.039533 > 1,6839 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 40 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6839 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan bermain peran makro terhadap kecerdasan kinestetik anak pada Kelompok B di TK Pertiwi II Kota Jambi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bermain peran makro terhadap kecerdasan kinestetik anak pada kelompok B di TK Pertiwi II Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MAYA OKTA SARI
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:43
Last Modified: 12 Jul 2019 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8330

Actions (login required)

View Item View Item