Problematika Lingkungan Berbahasa Arab Pada Santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Arifin Jambi

Ramadani, Siti Ijah (2025) Problematika Lingkungan Berbahasa Arab Pada Santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Arifin Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Ijah.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Abstrak Ijah.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan dan Persetujuan Ijah.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB 1 Ijah.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 5 Ijah.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Ijah.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap Ijah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
Official URL: https://repository..unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana problematika lingkungan bahasa santriwati madrasah tsanawiyah di pondok pesantren darul Arifin Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini di sajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan menggambarkan proses yang terjadi dilapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ialah santriwati madrasah tsanawiyah di pondok pesantren darul Arifin. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ialah penerapan lingkungan berbahasa arab. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika lingkungan bahasa santriwati madrasah tsanawiyah dipondok pesantren darul Arifin sudah berjalan cukup baik dan memenuhi indikator yang ada pada lingkungan bahasa arab. Namun, hasil penelitian menunjukan adanya problamatika lingkungan berbahasa arab yang terjadi di lapangan seperti kurangnya pengetahuan santri terhadap peraturan yang berlaku, tidak tersedianya fasilitas yang memadai, kurangnya kesadaran santri terhadap peraturan yang berlaku, dan faktor psikologi merasa cemas dan tidak percaya diri pada lingkungan Bahasa arab. Faktor pendukung penerapan lingkungan berbahasa arab adalah adanya kegiatan agenda lingkungan berbahasa, adanya lingkungan sosial yang mendukung, adanya sikap positif santri sendangkan faktor penghambat ialah minimnya sumber daya, keterbatasan waktu, dan tingginya jumlah santri dengan latar belakang beragam. Adapun Solusi yang telah terapkan untuk mengatasi problematika yang penerapan lingkungan berbahasa adalah pengelompokan santri berdasarkan Tingkat kemampuan, peningkatan kualitas dan kuantitas, pengaturan waktu yang lebih efektif, pembuatan kuteb, meningkatkan motivasi dan kesadaran santri pondok pesantren darul Arifin.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Lingkungan Berbahasa, Problematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ijah Ramadani
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:29
Last Modified: 01 Aug 2025 08:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83300

Actions (login required)

View Item View Item