PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASPOR (PAIRING, SQUARE, PRESENTATION, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

jufri, Jufri and Asrial, Asrial and Asni, Johari and Kamid, Kamid (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASPOR (PAIRING, SQUARE, PRESENTATION, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DISERTASI JUFRI TERBUKA Upload.pdf

Download (13MB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB)

Abstract

Kompetensi komunikasi matematis adalah keterampilan esensial yang harus dimiliki oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) untuk mendukung proses pembelajaran matematika yang aktif dan bermakna. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan ini masih rendah, terutama dalam mengungkapkan ide secara lisan, tertulis, dan melalui representasi matematis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan model pembelajaran PASPOR (Pairing, Square, Presentation, Repetition) sebagai strategi inovatif yang dirancang untuk meningkatkan komunikasi matematis mahasiswa melalui pendekatan kolaboratif dan bertahap. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan yang mengikuti model Plomp, yang terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu tahap investigasi pendahuluan, perancangan dan pengembangan prototipe, serta evaluasi formatif. Evaluasi dilakukan melalui dua eksperimen: Eksperimen I oleh peneliti dan Eksperimen II oleh dosen praktisi, untuk menguji kepraktisan dan efektivitas model. Model PASPOR terdiri dari empat sintaks: diskusi berpasangan (Pairing), diskusi kelompok empat (Square), presentasi hasil kelompok (Presentation), dan penguatan melalui latihan serta refleksi (Repetition). Hasil dari proses validasi mengindikasikan bahwa model pembelajaran PASPOR berada pada kategori validitas yang sangat baik. Kepraktisan model ditunjukkan oleh keterlaksanaan sintaks yang optimal (3,98) dan respons positif mahasiswa (3,94). Efektivitas model terlihat dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan N-Gain sebesar 0,78 (kategori tinggi) pada Eksperimen I dan 0,61 (kategori sedang) pada Eksperimen II. Uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest (p < 0,05) pada kedua eksperimen. Effect size yang dihitung menunjukkan bahwa model memberikan pengaruh besar, yaitu 1,69 pada Eksperimen I dan 2,92 pada Eksperimen II. Dengan demikian, model PASPOR dinyatakan valid, praktis, dan efektif, serta memiliki potensi sebagai alternatif model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan komunikasi matematis mahasiswa PGSD.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PASPOR, Pengembangan Plomp, Komunikasi Matematis.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Pendidikan MIPA
Depositing User: JUFRI
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:09
Last Modified: 10 Jul 2025 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83303

Actions (login required)

View Item View Item